Selasa, 18 Juli 2023

Blue fire kawah ijen Jawa timur

 

Si Api Biru kawah Ijen"

Pesona fenomena Alam Blue fire Kawah Ijen antara perbatasan Banyuwangi dan Situbondo Jawa timur. Memang sangat memukau, pengalaman pertama pendakian yg sangat menakjubkan yg tak dapat terlupakan. Kawah ijen yg berada di ketinggian 2388 meter di atas permukaan laut ini mempunyai kawah danau terbesar di dunia. 



Sumber Foto : Wallpeaper flare


Kawah ijen salah satu kawah yg mempunyai fenomena alam unik blue fire atau si api biru di indonesia dan konon hanya ada dua tempat di dunia ini yang punya fenomena alam unik seperti ini yaitu di islandia dan tentu nya di kawah ijen ini. Tak heran wisatawan manca dari berbagai negara di Eropa jauh-jauh datang ke indonesia hanya untuk bisa menikmati indah nya blue fire. Untuk bisa menikmati si api biru ini baiknya melakukan pendakian pada pukul 01.00-03.00 dini hari atau sebelum matahari terbit.
Butuh waktu 2 jam, 3km pendakian untuk menikmati si api biru ini. Meski melalui perjalanan yang cukup berat, namun rasa lelah terbayar puas dengan menyaksikan keajaiban alam yang luar biasa ini. Api berwarna biru tersebut adalah api yang tercipta dari semburat belerang cair dari dalam kawah Ijen. Panasnya kawah yang berpadu dengan belerang menciptakan efek api berwarna biru di permukaan. ketika langit mulai terlihat terang menerangi sekeliling tebing yg indah bisa terlihat betapa terjalnya jalur pendakian yg di tempuh waktu dini hari. 





Untuk menuju Kawah Ijen bisa di akses dari dua arah yaitu, dari utara dan dari selatan. Dari utara, bisa di tempuh melalui Situbondo menuju Sempol (Bondowoso) lewat Wonosari dan dilanjutkan ke Paltuding dengan waktu tempuh sekitar 2,5 jam. Sementara jika dari arah selatan, bisa melalui Banyuwangi menuju Licin yang berjarak 15 Km. Dari Licin menuju Paltuding berjarak 18 Km dan diteruskan menggunakan Jeep atau mobil berat lainnya sekitar 6 Km sebelum ke Paltuding. Dikarenakan jalan yang berkelok dan menanjak.

Jika anda tertarik wisata ke kawah ijen kami NN trans siap menyediakan paket wisata/transport menuju kawah ijen. 

Hubungi kami : 

Yuyus kurniawan

Wa     : 0878-3444-3865 / 0821-3799-1200

Email : nntrans@yahoo.com

Salam wisata indonesia

Tidak ada komentar: